Ini, kisah Wolfgang Amadeus Mozart yang Belum Anda Ketahui

11-Aug-2015 16:10:27 - Sudah dibaca 836 kali
Ini, kisah Wolfgang Amadeus Mozart yang Belum Anda Ketahui

Komponis musik klasik Eropa terkenal kelahiran 27 Januari 1756, Wolfgang Amadeus Mozart, mulai bermain instrumen di hadapan publik pada umur 6 tahun. Selama bertahun-tahun, sampai meninggal pada usia 35 tahun, Mozart telah menghasilkan banyak karya yang menakjubkan.

Berikut ini adalah lima hal lain yang mungkin belum Anda ketahui tentang Mozart:
Menulis opera di usia yang sangat muda
Mozart menulis opera pertamanya di usia yang sangat muda, yaitu ketika ia baru berusia 14 tahun. Opera, yang ditulis pada tahun 1770, ini berjudul Mitridate Re di Ponto.

Sempat dikabarkan menjalani kehidupan yang miskin
Mozart sempat dikabarkan menjalani kehidupan yang miskin karena dimakamkan di sebuah pemakaman yang kurang terurus tanpa batu nisan. Namun, dilansir oleh Sullivan Entertainment, ternyata terdapat dokumen yang membuktikan bahwa Mozart adalah bagian dari masyarakat kelas atas dan memiliki kekayaan yang cukup. Hanya saja, ia tidak dapat mengelola uang dengan baik dan sering meminjam uang dari teman-temannya, sehingga, pada saat ia meninggal, ia tidak memiliki keamanan finansial dan terlibat hutang yang banyak.

Penyebab kematian Mozart
Mozart juga sempat dikabarkan meninggal karena dibunuh oleh kawannya sesama komponis saat Mozart berada di puncak kariernya. Bahkan, Mozart juga sempat diberitakan bunuh diri. Namun, seperti dilansir oleh Detik Health, penyebab kematian Mozart akhirnya terungkap. Ia diduga meninggal karena komplikasi pada tenggorokan akibat infeksi bakteri streptococcus. Andrew Steptoe, seorang epidemiologis memublikasikan kemungkinan penyebab kematian Mozart terbaru dalam Annals of Internal Medicine. Andrew Steptoe mengatakan, infeksi tenggorokan menjadi kemungkinan yang paling masuk akal, jika melihat dari riwayat kesehatan Mozart.

Beberapa penyebab kematiannya yang lain menurut Dr. RHC Zegers dari University of Amsterdam adalah rematik, overdosis garam merkuri yang digunakan untuk mengobati sifilis, dan juga trichinosis yang disebabkan karena mengonsumsi daging babi yang mengandung cacing pita.

Para peneliti tersebut memeriksa kembali catatan kematian Mozart di Wina dan juga membandingkannya dengan catatan kesehatannya beberapa tahun sebelum kepergiannya untuk menemukan sesuatu yang dapat dijadikan bukti. Dari situ mereka menemukan sebuah fakta baru, yaitu adanya akumulasi cairan yang mematikan dalam tubuh Mozart. Para peneliti itu menduga bahwa cairan tersebut diakibatkan oleh infeksi bakteri streptococcus pada tenggorokan, yang memicu kematiannya. Adanya infeksi tersebut juga disebutkan menyebabkan komplikasi penyakit ginjal dan kesulitan tranfusi darah.

Dibuatkan monumen penghormatan
Mozart  lahir di kota Salzburg, Austria. Mozart dibuatkan penghormatan di kota itu berupa monumen setinggi 3 m. Monumen Mozart telah ada selama lebih dari 150 tahun. Monumen ini dibuat oleh Ludwig Schwanthaler, pada tahun 1842. Berdasarkan laman Classic FM, peresmian monumen ini dilakukan di hadapan anak-anak Mozart.

Perayaan hari lahir Mozart ke-250
Sebagai komponis yang sangat terkenal, seluruh gereja di Salzburg memberikan penghormatan pada hari lahirnya yang ke-250, tanggal 27 Januari 2006. Seperti dimuat dalam Classic FM, penghormatan ini dilaksanakan dengan cara membunyikan lonceng gereja secara bersamaan tepat pada jam kelahirannya. (Sumber: jangkarkeadilan.com)

Komentar
Tidak ada komentar
Nama
:
Email
:
Komentar
: